Tentang Reksadana


Brokerage Valbury

 

Reksadana adalah kumpulan dana dari berbagi investor yang dikelola oleh manajer investasi dan diinvestasikan dalam berbagai portofolio investasi, seperti deposito, obligasi, saham, pasar uang dan lain-lain.

Jenis-jenis Reksadana+

Ada berbagai macam tipe Reksadana termasuk :

  • Reksa Dana Pasar Uang

    Reksa dana yang 100% dananya dikelola di instrument pasar uang (money market). Instrument pasar uang sendiri terdiri dari tabungan, deposito, giro, surat utang dengan tempo kurang dari 1 tahun. Reksa dana pasar uang adalah reksa dana dengan tingkat potensi risiko yang paling rendah dan bertujuan untuk menjaga likuiditas. Reksa dana pasar uang lebih cocok untuk teman-teman yang memiliki tujuan investasi jangka pendek (di bawah 1 tahun) dan/atau kebutuhan dana darurat

    Reksa Dana Pendapatan Tetap

    Reksa dana yang diinvestasikan minimal 80% di surat utang (obligasi) dan sisanya boleh diinvestasikan di pasar uang. Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana dengan tingkat potensi risiko sedikit di atas reksa dana pasar uang. Reksa dana pendapatan tetap lebih cocok untuk teman-teman yang memiliki tujuan investasi jangka pendek ke menengah (1 - 3 tahun)

    Reksa Dana Campuran

    Reksa dana yang diinvestasikan maksimal 79% di salah satu saham, obligasi (surat utang) atau pasar uang. Reksa dana pendapatan campuran adalah reksa dana dengan tingkat potensi risiko di atas reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana campuran lebih cocok untuk teman-teman yang memiliki tujuan investasi jangka menengah (3 - 5 tahun).

    Reksa Dana Saham

    Reksa dana yang diinvestasikan minimal 80% di saham. Reksa dana saham adalah reksa dana dengan tingkat potensi risiko paling tinggi. Reksa dana pendapatan saham lebih cocok untuk teman-teman yang memiliki tujuan investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun).

Apakah Anda termasuk salah satu investor pemula yang bingung memilih reksa dana?Sebenarnya sederhana kok cara memilih reksa dana, angkah pertama yang harus Anda lakukan adalah miliki rencana keuangan dan tujuan investasi yang jelas.

Sebaiknya buat tujuan keuangan Anda dengan cara yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Time bounded) / Spesifik, Terukur, Dapat Diwujudkan, Terukur dengan waktu.

Prospektus Reksadana+

Prospektus reksa dana adalah kumpulan informasi mengenai sebuah reksadana yang umumnya mencakup :

  • Informasi mengenai manager investasi : berisi penjelasan mengenai perusahaan manajer investasi yang akan mengelola dana Anda.

  • Informasi mengenai bank kustodian dan nomor rekening : berisi mengenai bank custodian yang akan menyimpan uang Anda dan penjelasan mengenai nomor rekening.

  • Informasi mengenai biaya reksa dana : penjelasan mengenai biaya-biaya yang ada dalam sebuah reksa dana, misal pembelian (subscription fee), biaya penjualan (redemption fee), biaya pengalihan (switching fee), biaya autodebet (jika ada), biaya transfer dan lainnya.

  • Informasi mengenai jenis dan kebijakan investasi reksa dana : penjelasan mengenai jenis reksa dana dan kebijakan perusahaan manajemen investasi dalam mengelola dana nasabah.

  • Informasi mengenai risiko reksa dana : penjelasan potensi risiko apa saja yang terdapat dalam investasi reksa dana.

  • Informasi mengenai kewajiban dan hak investor : informasi terkait dengan hak serta kewajiban investor. Contoh investor berhak mendapatkan surat konfirmasi transaksi, laporan bulanan, informasi harga NAB/up dan lain sebagainya.

  • Penjelasan mengenai prospektus : prospektus pertama atau pembaruan

Selain prospektus, Anda juga perlu membaca fund fact sheet atau keterangan ringkas.

Fund Fact Sheet Reksa Dana+

Umumnya fund fact sheet berupa satu halaman informasi yang berisi berikut :

  • Informasi jumlah dana kelolaan dan unit penyertaan. Anda dapat mengetahui Nilai Aktiva Bersih, Unit Penyertaan pada akhir bulan lalu. Biasanya fund fact sheet terlambat 1 bulan. Misal bulan ini September, maka fund fact sheet terbaru adalah fund fact sheet bulan Agustus.

  • Informasi harga dan kinerja reksa dana, yang ditunjukkan dalam satuan waktu 1 bulan, 3 bulan, year to date (dari awal tahun sampai hari ini), 1 tahun, 3 tahun dan sejak penerbitan (since inception).

  • Informasi pembanding kinerja atau performance benchmarking antara produk reksadana dengan suatu indeks. Contoh reksadana saham biasanya membandingkan kinerjanya dengan kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).